BAB I
DASAR SURAT MENYURAT
1. Arti dan Fungsi Surat Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak lain. Informasi dalam surat dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan sebagainya.
Agar komunikasi melalui surat dinilai efektif, maka isi atau maksud surat harus terang dan jelas, serta tidak menimbulkan salah arti pada pihak penerima.
2. Tujuan Menulis Surat
Tujuan menulis surat secara garis besar diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:
- Menyampaikan informasi kepada pembaca surat;
- Mendapatkan tanggapan dari pembaca surat tentang isi surat;
- Ingin mendapatkan tanggapan dan menyampaikan informasi kepada pembaca surat.
- 3. Korespondensi dan Koresponden
Korespondensi dalam suatu kantor, instansi, atau organisasi dibagi menjadi dua, yakni:
- Korespondensi eksteren, yaitu hubungan surat-menyurat yang dilakukan oleh kantor atau bagian-bagiannya dengan pihak luar.
- Korespondensi Interen, yaitu hubungan surat-menyurat yang dilakukan oleh orang-orang dalam suatu kantor, termasuk hubungan antara kantor pusat dengan kantor cabang.
4. Fungsi Surat
Fungsi surat dalam suatu organisasi antara lain:
- Surat sebagai media komunikasi.
- Surat sebagai barometer.
- Surat sebagai duta penulis.
- Surat sebagai bukti tertulis.
- Surat sebagai salah satu otak kegiatan suatu kantor
Semoga Bermanfaat....
Post a Comment